Thursday, June 2, 2011

Memperluas Jaringan Wireless Dengan WDS


Wireless Distribution System, atau WDS, adalah sebuah sistem murah dan mudah untuk memperluas jangkauan jaringan wireless anda. Disebut murah, karena anda tidak perlu menggunakan kabel untuk menghubungkan setiap Access Point. Anda hanya perlu menggunakan WDS, dan setiap AP akan berkomunikasi melewati jalur wireless.
Intinya adalah, Radio Wireless bisa kita jadikan sebagai Station (Menerima) dan sekaligus bisa kita jadikan sebagai Acess Point (Mengirim). Memang dalam teori seperti ini, kita anggap sepele, namun pada prakteknya dilapangan, hal ini sangatlah bermanfaat besar.

Seperti halnya kemarin, ketika saya melakukan installasi jaringan di STTAL (Sekolah Tinggi Teknik Angkatan Laut) di Perak, Surabaya. Dengan WDS, kita bisa menghemat Kabel UTP, dan juga tidak perlu menata kabel yang begitu sulit, dengan masuk ke plafon, atupun di clem ke tembok.
Selama kurang lebih dua minggu kami memperbaiki dan menambah link internet di STTAL, dan itupun kami kerjakan waktu liburan sekolah. Kami berEnam, dan memasang di 7 Gedung Kadet (21 Titik), 4 Gedung lainya terpisah. Kelemahan dari WDS sendiri adalah, AP lebih sering Hang, karena digunakan untuk DHCP Server, dan WDS Server. Jadi solusinya, DHCP Servernya kita letakkan di Radio Bullet yang terkenal kekuatanyaUnt
uk settingnya sangat simple sekali, tinggal 2 AP kita beri Ip Address yang dalam satu network.
AP1 = 192.168.100.1 dan AP2 = 192.168.100.2
AP1 = Resimen1 dan AP2 = Resimen2
Kemudian, tinggal masuk menu WDS. Dan pilih scan AP, dan pilih Ap yang akan kita WDS. Lakukan hal yang sama pada kedua Access Point. Dan selesai.
Mudah banget bukan, just Plug And Play. Namun, walaupun mudah, tak terhindarkan juga terjadi kendala2 dalam installasinya. Selamat Menc

No comments:

Post a Comment